Petualangan Bia – Si Biawak Cilik

Bagi para krucil Anda semua yang ingin mengenal Mangrove (hutan bakau) dan biota-biota yang menghuninya. Silakan diunduh komik produksi Mangrove Information Center – Denpasar kerjasama dengan Kementerian Kehutanan dan JICA (Japan International Cooperation Agency) tahun 2004 ini. unduh Komik – Petualangan Bia

Bia - biawak cilik

Saya senang bisa menjadi ilustrator dan salah satu penulis ceritanya. Sudah 12 tahun yang lalu, dan ingin saya hadirkan kembali di sini.

Kutipan dari Pak Hiroyuki Hatori, Chief Advisor Pusat Informasi Mangrove waktu itu:

Ini adalah buku cerita bergambar pertama yang dibuat oleh Pusat Informasi Mangrove kepada dunia. Jika kata ‘dunia’ itu berlebihan, saya dapat mengubah kata tersebut menjadi ‘untuk semua orang yang berbahasa Indonesia’. Cerita ini mengenai petualangan seekor biawak kecil yang bernama “Bia”. Bagi orang lain, petualangannya mungkin tak seberapa, tapi ini adalah petualangan pertama, yang menakjubkan dan membuka era baru baginya.

Mencari pengalaman dan mencari tahu tentang alam adalah hal yang penting dan langkah awal menuju pelestarian lingkungan. Seseorang mungkin berkata, “Sebegitu pentingkah mengetahui nama sebuah pohon? karena sekalipun Anda tidak mengetahui namanya, pohon-pohon tersebut tetap ada di sana. Disadari atau tidak, sejak awal manusia dilahirkan sudah hidup bersama alam. Manusia tidak bisa hidup tanpa adanya alam. Sehingga melindungi alam bukan saja bermanfaat untuk alam tetapi juga untuk kehidupan manusia itu sendiri.

Untuk melindungi sesuatu, kita perlu menyayanginya. Untuk menyayangi, kita perlu mengetahui namanya, seperti pepatah “Tak Kenal maka Tak Sayang”.

Sekarang giliran kalian! Ikutlah Si Bia yang dengan sedikit keberanian dan penuh rasa ingin tahu berpetualang ke laut – lautan pengetahuan!

==

 

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang ME Lazuardi

Man from Kendal, Indonesia: TK Mardi Putra Penanggulan, SD 1 Pegandon, Madrasah Miftahul Atfal Penanggulan, Pondok Pesantren Roudhotul Tholibin, SMP 1 Pegandon, SMA 1 Kendal, Marine science & tech, Bogor Agricultural University (IPB), and Master of Development Practice Programme, James Cook University alumni
Pos ini dipublikasikan di Publikasi dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s